Meizu EP-51, Sport Bluetooth Earphone Keren!

meizu ep-51

 

Hi Guys, Kali ini ST.com mau mereview sedikit tentang salah satu gadget yang ST.com punya, Ya! Sport Bluetooth Earphone keluaran dari Meizu yaitu Meizu EP-51. Meizu EP-51 adalah salah satu product dari Meizu yang diperuntukan untuk dipakai saat aktifitas olah raga. Design yang oke, body metal yang keren menambah PeDe buat para pemakainya dan si EP-51 ini juga diklaim tahan terhadap keringat karena menurut Meizu EP-51 ini menggunakan nano-coating protect dan special waterproof design. Tapii, jangan juga dipakai ujan-ujanan yak karena menurut anjuran Meizu hindari untuk dipakai dalam keadaan hujan.

Spesifikasi yang ada pada Bluetooth Earphone Meizu EP-51 adalah sebagai berikut.

  • Dimensions 16*23*25mm
  • Impedance 16Ω
  • Wire diameter ϕ2.0mm
  • Sensitivity 88dB
  • Weight 15.3g
  • Max power 10mW
  • Color Black-red & White
  • Wireless transmission distance 10m
  • Speaker ϕ8.6mm
  • Battery life At least 6 hours
  • Frequency response range 20Hz~20KHz
  • Recharging time 1.5~2h
  • Total length 550mm
  • Wire controller Three-button type
  • Bluetooth version Bluetooth4.0+EDR
  • Microphone -42dB

Pada awalnya sebelum memutuskan membeli si Meizu EP-51 ini ST.com juga tertarik dengan mi-sport keluaran xiaomi tetapi setelah membaca & menonton beberapa review yang ada ST.com memutuskan untuk meminang si EP-51 ini karena menurut review bass yang dihasilkan oleh EP-51 ini lebih baik dibandingkan mi-sport. Maklum ST.com juga penikmat music EDM seperti kids zaman now. Alasan lain kenapa memilih si EP-51 adalah karena bentuk yang lebih kece dan berada di rentan harga yang hampir sama (saat saya beli sekitar 400an ribu beli di tokopedia) dibanding dengan mi sport.

Saat pertama kali memegang secara langsung dari packagingnya bener-bener kece. Box warna merah putih dan terkesan premium semakin membuat semangat ingin segera membukanya. Material si EP-51 ini terkesan premium dengan body berwarna silver dengan bulatan metal berlogo meizu dengan magnet yang bias menempel saat tidak digunakan dan kabel yang tidak terlalu panjang berwarna merah menambah kesan sporty. EP-51 menggunakan control volume di sebelah kanan, bermaterial plastic keras berwarna silver yang mempunyai lubang microphone. Tombol volume berwarna merah berbahan plastic keras dan tombol power pada bagian tengah berwarna hitam dengan bentuk cekungan.  Dalam boxnya selain earphone terdapat pouch warna hitam yang kualitasnya oke menurut ST.com. Didalamnya  terdapat kabel micro usb to usb untuk  charging warna merah hitam dan buku manual. Untuk earbud disediakan 3 pasang spare yaitu ukuran S,L dan XL dan yang terpasang pada earphonenya adalah ukuran M.

Yang unik dengan bentuk earbud EP-51 dibuat sedemikian rupa seperti ‘cantolan’ yang masuk ke rongga telinga dan ada system penguncian berupa tonjolan pada body earphone dan cekungan pada earbud agar tidak bergeser saat dipakai, awalnya ST.com agak kebingungan menggunakkannya pada telinga karena jika tidak pass maka suara bass seakan tidak keluar. Setelah beberapa kali mencoba baru ST.com mendapat posisi terbaik dan output suara terbaik yaitu dengan posisi kabel tegak lurus arah kebawah. ST.com paling sesuai memakai earbud ukuran S.

Cara menyalakan Meizu EP-51 ini adalah dengan menekan tombol power yang ada ditengah controller diantara tombol volume up 7 down yang berbentuk cekungan. Tekan agak lama sehingga ada nada terdengar dan warna lampu di sebelah tombol + menyala. Jika warna merah dan biru menyala bergantian maka EP-51 siap dipairing. Cari nama bluetooh Meizu EP-51 pada smartphone dan hubungkan warna lampu akan berubah biru dan berkedip. Untuk meng-unpair dapat dilakukan dengan cara matikan terlebih dahulu dengan menekan tombol power sehingga terdengar kembali nada yang berbeda. Kemudian nyalakan lagi Meizu EP-51 dan tetap tahan tombol powernya sampai warna lampu kembali berkedip merah biru.

Kontroler volume pada Meizu EP-51 ini bekerja independen jadi perubahan volume yang dilakukan pada EP-51 ini tidak merubah Volume pada smartphone tidak seperti pada Mi Piston 3 milik ST.com

Suara yang dihasilkan saat pertama kali digunakan dengan benar cukup terasa bassnya tetapi untuk middle dan trebble agak kurang nendang dibandingkan dengan mi piston 3 yang ST.com punya. Secara keseluruhan untuk EP-51 tetap kalah dengan mi piston 3 apalagi mi piston 4 yang pernah ST.com coba. Tetapi kembali ke fungsi yang dimiliki oleh EP-51 ini yang menawarkan koneksi nirkabel menggunakan Bluetooth 4.0 terlihat mi piston 3 bahkan mi piston 4 kalah telak disini.

Selama ST.com menggunakan EP-51 ini  untuk keseharian pergi pulang kerja menggunakan KRL, koneksi bluetoothnya sungguh sangat menambah nilai kepraktisannya. Untuk memutar Spotify atau menonton Youtube terasa sangat nyaman karena sudah tidak diribetkan lagi dengan adanya kabel yang menjuntai. Dan satu hal lagi, terasa keren waktu dipakai. Beberapa kali Meizu EP-51 juga ST.com pakai untuk berolahraga di tempat Gym. Diajak berlari di treadmill posisi EP-51 tetap tidak bergeser mungkin karena design pada bagian telinga yang memang dirancang khusus. Cocok lah dengan peruntukannya yaitu sport.

Untuk ketahanan batere jujur ST.com kurang memperhatikan dengan seksama dan belum pernah melakukan test khusus. Klaim yang diberikan oleh Meizu, kemampuan battery dapat bertahan untuk melayani penggunaan bermusik dan menelpon maksimal hanya sampai 6 jam dari kondisi penuh. Secara random biasanya menurut pengamatan ST.com, batere kurang lebih bertahan 2-3 hari dengan kondisi hanya dipakai saat ber KRL selama kurang lebih 1 – 1,5 jam sehari.

Kesimpulannya ST.com puas dengan kepraktisan yang dimiliki oleh Meizu EP-51 ini dengan bentuk yang keren dengan fitur wireless praktis dipakai dimana saja dan anti ribet. Untuk untuk suara yang dihasilkan yaa boleh dibilang cukup baik dengan bass yang cukup kencang. Untuk harga yang ditawarkan menurut ST.com cukup terjangkau dibandingkan dengan earphone sekelas yang sama-sama menawarkan fitur wireless.

sudiyantoro.com

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *